h1

Kebahagiaan

10 December 2007

Banyak cara bagi manusia untuk merasa bahagia, ada yang bahagia oleh harta benda,ada yang bahagia oleh kekuasaan, ketenaran, ada yang bahagia oleh cinta dan masih banyak lagi. Pada umumnya manusia mencapai kebahagiaannya dengan cara memuaskan ego dan nafsunya.

Segala bentuk kebahagiaan yang dihasilkan dari pemuasan ego pada umumnya berasal dari luar diri manusia itu sendiri, itu sebabnya manusia tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka capai, meskipun itu pernah menjadi ukuran kebahagiaan yang mereka idam-idamkan.

Pada hakikatnya segala sesuatu itu bukanlah milik kita manusia, maka apabila kita mengatungkan, mengharapkan kebahagiaan dari hal – hal yang berada diluar diri kita maka bersiap-siaplah untuk kehilangan dan menerima kekecewaan apabila Sang Pemilik Yang Kuasa mengambilnya dari kita.

Lalu apa yang seharusnya dapat membuat manusia merasa bahagia, kebahagiaan yang hakiki? Manusia dapat bahagia tanpa hal – hal yang telah disebutkan diatas. Manusia dapat mencapai kebahagiaanya apabila mereka mau menyadari, bahwa sebenarnya mereka telah dianugrahi berbagai hal yang sangat berarti. Namun sangat disayangkan, manusia cenderung melupakan, dan tidak pernah bersyukur atas apa yang mereka peroleh dengan mudah.

Manusia tidak bahagia karena tidak membuka mata hatinya, selalu berusaha memuaskan ego dan nafsunya yang tak kunjung habis, berusaha meraih yang tak dapat diraih, memaksa untuk mendapatkan yang diinginkan, tidak sadar dan tak mau menyadari bahwa apa yang ada adalah baik, mata hati mereka dibutakan oleh keserakahan mereka lupa untuk mensyukuri apa yang telah mereka dapat.

Kebahagiaan yang hakiki bersumber dari dalam diri kita sendiri, bukan dari orang lain ataupun hal lain yang kita anggap bisa membahagiakan kita. Keikhlasan, kesabaran dan rasa syukur terhadap segala hal yang telah Allah anugrahkan kepada kita, senantiasa akan membawa kebahagiaan yang hakiki, seiring tergerusnya ego dan hawa nafsu.

Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita, bukan apa yang kita inginkan atau yang apa kita anggap terbaik bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: