h1

Tuhan yang terkudeta

29 January 2008

Loh apa bisa Tuhan dengan segala ke-maha-anNya itu dikudeta, siapakah gerangan yang begitu berani sakti, sehingga bisa mengambil alih kekuasaan Tuhan, atau bahkan mungkin Tuhan telah dibuang, diasingkan dan dibunuh? Ah ini hal yang paling mustahil untuk terjadi, atau tidak? Kalau itu sampai terjadi semoga Tuhan masih mempunyai banyak uang untuk bertahan hidup, dan mengumpulkan kekuatan untuk kembali berkuasa seperti mantan pemimpin salah satu negara tetangga.

Sebenarnya hal apa sih yang membuat saya begitu lancang menyebutkan bahwa Tuhan telah dikudeta ? Belakangan ini banyak sekali orang – orang yang menggunakan nama Tuhan untuk membenarkan tindakannya, tanpa malu mencatut namaNya untuk melakukan hal – hal yang sama sekali tidak mencerminkan Tuhan. Mereka – mereka ini lah yang mengkudeta kekuasaan Tuhan di dunia, dan kemudian menjadi Tuhan kecil yang memonopoli kebenaran.

Dalam teologi ada yang namanya agnostic, atau berTuhan meski tidak beragama, tapi untuk orang – orang seperti mereka ini saya tidak menemukan istilah yang tepat. Beragama tapi tidak berTuhan, itulah mereka, mungkin satu – satunya sebutan yang pantas buat mereka adalah munafik.

Mereka yang melakukan pembunuhan dan anarki atas namaNya, yang kemudian bersukur pada Tuhan atas apa yang telah mereka lakukan, sungguh orang yang tidak bisa saya mengerti. Orang – orang seperti ini, apabila Tuhan membisikkan kebenaran kedalam nuraninya sekalipun, mungkin akan mereka anggap sebagai godaan setan yang akan menjauhkan mereka dari ajaran Tuhan yang mereka tafsirkan sendiri.

Meskipun begitu, tidak ada yang perlu ditakutkan, karena Tuhan tidak akan mati seperti yang di katakan Nietzsche. Tidak, karena Tuhan adalah zat abadi yang mengandung nilai – nilai kebenaran yang abadi. Bila Tuhan diasingkan, biarlah Tuhan tinggal dalam diriku dan dalam diri orang – orang yang dengan tulus memegang teguh nilai – nilai kebenaranNya yang hakiki.

One comment

  1. Saya sih cuma mo ngasih tahu, bahwa agama itu bukan Tuhan. Jadi kenapa nggak mungkin ber Tuhan tanpa agama?



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: